Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Waspadalah !! Jangan Sampai Kamu Kena Beberapa Penyakit Ini Saat Musim Hujan Tiba !!

Waspadalah !! Jangan Sampai Kamu Kena Beberapa Penyakit Ini Saat Musim Hujan Tiba !!

Selamat datang di musim hujan! Toppers, akhirnya kita masuk juga ke musim penghujan. Setelah beberapa bulan tidak hujan, akhirnya bulan ini hujan datang juga menghampiri kita. Gimana nih Toppers? Apakah kamu salah satu orang yang senang dengan kedatangan musim hujan atau malah sebaliknya? Sebenarnya, boleh-boleh aja kok kamu senang atau malah nggak suka dengan hujan. Namun, perlu diketahui nih ternyata hujan nggak cuma membawa hawa romantis ala-ala drama Korea, hujan diketahui dapat menyebabkan beberapa penyakit lho, Toppers. Wah, buat kamu yang suka berhujan-hujan ria, hati-hati lho terkena penyakit yang suka muncul saat musim hujan. Penasaran dengan penyakit apa aja yang suka muncul saat musim hujan? Yuk langsung aja nggak usah berlama-lama, baca artikel yang satu ini. Selamat membaca, Toppers!


  • Flu

kayaknya penyakit yang satu ini seneng banget deh berkeliaran di segala musim. Nggak cuma pas lagi musim kemarau aja lho penyakit flu bisa mampir ke tubuh kamu. Ternyata saat musim hujan, penyakit yang satu ini juga bisa-bisa aja mampir ke tubuh kamu walaupun kamu nggak mengundangnya. Hmmm… Kira-kira apa ya penyebabnya? Toppers, ternyata nih penyakit flu bisa menghampiri kamu karena daya tahan tubuh yang lemah sehingga gampang banget terinfeksi oleh kuman. Wah wah wah, ternyata karena kuman dan daya tahan tubuh yang lemah toh. Nah, saat musim hujan, virus flu beserta kuman-kuman yang lainnya gampang banget lho menyerang saluran pernapasan kamu karena temperatur udara yang cenderung dingin. “Jadi harus gimana dong, Toped?” Jangan panik dulu, Toppers. Karena bisa lho kamu menangkal virus flu dengan cara yang satu ini. Rajin-rajinlah mengonsumsi vitamin agar daya tahan tubuh kamu semakin kuat dan akan membuat kuman-kuman pada ogah buat mampir. Gimana? Gampang banget kan cara mengatasinya?

  • Demam Berdarah Dengue

Kalau dengan penyakit yang satu ini, Toppers pasti udah nggak asing lagi dong ya. Pasti deh udah sering banget denger yang namanya penyakit demam berdarah. Perlu dicatat nih Toppers, penyakit yang disebabkan oleh virus dengue ini jumlahnya akan meningkat saat msim hujan. Lho kok bisa sih? Penyebab demam berdarah atau yang biasa dikenal dengan DBD ini adalah saat musim hujan, sampah-sampah yang terisi air beserta genangan air menjadi tempat nyamuk aedes aegypti atau biasa lebih dikenal dengan sebutan nyamuk demam berdarah berkembang biak. Nyamuk aedes aegypti merupakan nyamuk yang membawa virus dengue ke tubuh manusia. Meningkatnya jumlah nyamuk aedes aegypti membuat meningkatnya risiko manusia terinfeksi demam berdarah. Mau terbebas dari DBD? Bisa lho, Toppers. Saat musim hujan, jangan biarkan air bersih tidak ditutup. Karena dengan kamu membiarkan air bersih terbuka bebas, nyamuk aedes aegypti akan dengan senang hati berkembang biak di sana.

  • Sakit Kepala

Selanjutnya, penyakit yang suka banget muncul saat musim hujan adalah sakit kepala. Toppers, coba deh perhatiin kalau abis hujan-hujanan dan nggak langsung keramas, beberapa dari kamu pasti ada deh yang langsung sakit kepala. Usut punya usut nih, ternyata sakit kepala emang suka banget muncul setelah seseorang terkena air hujan. Wah, kalau udah sampai kena sakit kepala karena hujan, bisa-bisa kamu terkena flu juga lho, Toppers. Untuk mencegah terserang sakit kepala setelah terkena hujan adalah dengan langsung mandi dan jangan lupa untuk keramas. Setelah selesai mandi dan keramas, nggak ada salahnya lho buat kamu untuk minum air hangat atau teh manis hangat. Jangan lupa untuk mengisi perut dulu ya dan disarankan agar nggak langsung tidur dengan kondisi rambut yang masih basah.

  • Diare

Siapa nih yang suka terserang diare? Pasti nggak enak banget dong ya kalau lagi ada urusan penting eh tiba-tiba aja si diare datang “berkunjung”. Toppers, perlu diketahui nih kalau ternyata diare berhubungan banget lho dengan kebersihan setiap individu. Kalau sudah masuk musim hujan, nggak bisa dipungkiri nih potensi terjadinya banjir juga semakin tinggi. Ya nggak, Toppers? Nah, saat banjir melanda daerah rumah kamu, sumber-sumber air bersih pastinya akan ikut tercemar, Toppers. Pada saat-saat seperti itu, sebaiknya kamu lebih berhati-hati dalam mengonsumsi air minum ataupun makanan. Karena jika minuman atau makanan yang masuk ke tubuh kamu sudah tercemar, bisa-bisa kamu malah diare lho,

  • Leptospirosis

Hayo, siapa nih yang tahu apa sih “leptospirosis”? Buat kamu yang belum tahu, leptospirosis adalah penyakit kencing tikus. Penyakit yang satu ini emang sering banget muncul saat musim hujan. Hujan yang berkepanjangan nggak menutup kemungkinan untuk terjadi banjir. Penyakit kencing tikus ini disebabkan oleh bakteri leptospira sp. yang dibawa oleh hewan dan ditularkan ke manusia. Bakteri yang satu ini dapat dengan mudah berkembang biak di lingkungan yang becek, berlumpur, dan kotor. Toppers, saat banjir melanda, disarankan untuk berhati-hati. Karena penyakit kencing tikus dapat “mampir” ke tubuh mu melalui permukaan kulit yang terluka, selaput lendir mata, dan hidung. Buat kamu yang nggak punya keperluan apa-apa untuk keluar rumah, lebih baik kamu tetap berada di dalam rumah untuk menghindari risiko tertular penyakit kencing tikus ini.

Itu dia beberapa penyakit yang sering muncul saat musim hujan. Toppers, nggak mau kan kalau kamu jadi salah satu korban penyakit yang dibawa oleh musim hujan? Nah, kalau nggak mau, bisa banget nih kamu menghindari sakit saat musim hujan. 

Source: https://blog.tokopedia.com